Baca Selengkapnya Disini : http://odhyafdian.blogspot.com/2012/06/cara-merubah-background-biasa-menjadi.html#ixzz2LocWVTbT

Minggu, 03 Maret 2013

Mengatasi Dengung, Noise & Treble Pecah Pada Rangkaian Power AmpliFier

    •  TREBLE PECAH:
Treble yang berlebihan akan merusak power amp, tenaga bukannya keluar malah ngedrop.
Cara mengatasinya adalah;
  1. Pasang kapasitor filter 1nF pada input power amp ke ground untuk menjamin sinyal tidak cacat.
  2. Gunakan selalu komponen aktif yang berkualitas seperti IC dan transistor, harga beda Rp500 juga akan beda hasilnya.
  3. Gunakan kabel yang besar dan sependek mungkin, terutama untuk kaki transistor power, dan sebaiknya transistor ini langsung disolder ke PCB(Printed Circuit Board) .
  1. IC (Integrated Circuit)

  •  MENGATASI DENGUNG: 
Menurut saya power yang bagus adalah power yang sederhana, murah, mudah dirakit dan rasional.
Anda tidak perlu menggunakan komponen dengan harga mahal seperti kapasitor tantalum, power mosfet dan yang mahal lainnya. ini tidaklah menentukan sekali kualitas dari power amp yang kita rakit.
Power besar kadang menimbulkan dengung, untuk mengatasinya yaitu dengan menahan jalur ground pada ground soket input dengan resistor 10-22 ohm. Jadi ground input tidak langsung mengambil dari ground tapi ditahan dulu dengan R 10 ohm.
Power amplifier yang kita rakit kadang menimbulkan dengung kecil karena grounding yang kurang sempurna.
berikut ada beberapa cara untuk mengatasi dengung pada power amplifier:
  1. Jauhkan rangkaian yang sensitif dari transformator,dimensi casing tidak terlalu kecil. Salah satu blog malah menganjurkan untuk memakai dua bok, satu bok khusus untuk transformator. Untukamplifier dengan trafo toroid atau trafo besar, sebaiknya hanya berisi rangkaian power ampli saja, tanpa tone control.
  2. Rubah posisi transformator,sisi samping menjadi sisi bawah (trafo menjadi tinggi) dengan tulisan menghadap rangkaian yang sensitif.
  3. Gunakan spacer pada tiap papan PCB setinggi setengah tinggi trafo, misalkan setinggi 2,5cm atau lebih sehingga papan PCB sejajar dengan inti/pusat transformator, di sini efek medan terlemah.
  4. Sebaiknya menggunakan satu modul stereo daripada dua modul mono ini untuk menghindari kesalahan pengkabelan. Jika terpaksa, usahakan ukuran kabel antara modul kanan dan kiri sama panjang dan sependek mungkin.
  5. Sebaiknya ambil jalur ground untuk speaker dari ct elko bukan dari ct trafo,jika di papan pcb terpasang dua elko besar (seperti elko power supply), ambil jalur ground speaker dari sini!
  6. Untuk power supply radio(TX ataupun rx) yang sangat sensitif, gunakan kapasitor 4x100nf, pasang 4 kapasitor ini dengan mem-parallel pada tiap dioda (bridge).
  7. Pada rangkaian tone control IC op-amp yang menggunakan catu daya simetris,pemasangan kabel ground cukup diambil dari kabel ground signal saja.
  8. Gunakan selalu kabel stereo yang terselubung sempurna (kabel stereo warna merah putih yang tertutu pground dan terbungkus kulit transparan.
  9. Untuk power supply, gunakan kapasitor elko sebesar 2200uF per amper
  10. Pastikan semua sambungan ground terhubung dengan baik.
    .
    Semoga membantu..
    Dikutip dari Berbagai Sumber.

    Motivasi :

    Jangan lelah untuk mencoba, karena setiap manusia telah diberikan sejumlah jatah kegagalan.
    Tugas kita adalah secepat mungkin menghabiskan jatah gagal tersebut hingga keberhasilan akan diraih.
    .

    Selamat BerEksperimen


13 komentar:

  1. gan ko ampli audio saya dengung yach... tu cara ngilanginnya gimna yach... atau ada tambahan yang bisa di salurkan ke------ ap kya gtuh bisa minta tolong gak kasih panduannya, cz dengungnya kenceng sangat gan... hehehe macem rossi ngebut ajah... hehehe

    BalasHapus
  2. aq coba bantu ya om..
    dengung itu juga terbagi menjadi beberapa macam, om..
    ada dengung yg diakibatkan radiasi magnet trafo, ini paling sering terjadi dan biasanya suara dengung ini akan tertutup jika volume diputar > 50 %
    dan ada dengung yg diakibatkan kurang ratanya sinyal DC, ini jarang terjadi dan biasanya dengung ini sangat mengganggu karena suara dengung ngikut suara.
    jika dengung yg diakibatkan oleh radiasi magnet, cukup dg menjauhkan letak PCB Pre-Amp dr trafo atau mensejajarkan letak PCB Pre-Amp dg arah gulungan trafo tsb.
    jika dengung yg diakibatkan kurang ratanya sinyal DC (biasanya telah disearahkan oleh Dioda dan Kapasitor) maka coba cek kapasitor dan dioda yg digunakan, kebanyakan kapasitor sudah bocor. bisa juga diakibatkan oleh arus bias ke transistor driver dan final terlalu besar, bisa diatasi dengan mengatur arus tsb dg mengukur arus pada transistor final.
    selamat mencoba

    BalasHapus
  3. Penulisnya siapa bro banyak banget yg comot tanpa mencantumkan sumbernya.... bagaimanapun ini karya cipta. Dan setahu saya ini bukan tulisan anda... saint semar

    BalasHapus
  4. Bagaimana cara mengatasi bunyi pletak pletak pada power ampli

    BalasHapus
  5. gan ane punya elco 47000uf, klo di pasang diri ga muat sama box nya. terpaksa deh di pasang tidur, berpengaruh ga yah sama suara amplifier ane ??? mohon pencerahan nya..

    BalasHapus
  6. 10 ohm nya digabung ke r100k boz

    BalasHapus
  7. 10 ohm nya digabung ke r100k boz

    BalasHapus
  8. Cantumkan sumbernya bro...artikel ini sama persis dgn sumbernya..

    BalasHapus
  9. tmksh atas pencerahannya slm knal

    BalasHapus
  10. Mksih ms brow.ni sdh mmbntu sy untk lbh hti2 dlm mrkit pwer driver

    BalasHapus
  11. Classic Iron Ring | TITanium Games
    Iron Ring. ford edge titanium 2021 Iron Ring for Sega Megadrive/Genesis. 2017 ford fusion hybrid titanium Complete with titanium price case. Includes original original box and instruction titanium scooter bars manual. Comes titanium rod in femur complications with case.

    BalasHapus

TERIMA-KASIH-TELAH-MENGUNJUNGI-BLOG-SAYA